Friday 28 August 2015

Pentingnya Kitchen Island Dalam Dapur anda


Kitchen Island atau lebih dikenal dengan Meja Island sebagai area makan sudah jamak dalam desain dapur masa kini. Biasanya, hal tersebut diaplikasikan dalam hunian dengan luas terbatas. Namun jika rumah anda memiliki luasan yang cukup, jadikan island table sebagai area masak. Apalagi jika anggota keluarga menyukai harum makanan yang menyebar ke seluruh rumah. Agar tidak terkesan sempit, aplikasi warna putih sebagai warna primer dan marmer seagai warna utama. 



Begitulah yang diterapkan pada dapur ini. Luas ruangannyamemungkinkan dibuat area masak di island table. Perletakannya yang unik – di tengah ruangan – seolah mejadikan si koki sebagai bintang yang bisa ditonton oleh anggota keluarga lain. 

Selain itu, meja ini bisa juga berfungsi sebagai sekat antara ruang keluarga dengan dapur serta meja makan. Dari aspek desain, material yang digunakan pada dapur ini menyeimbangkan satu sama lain. Marmet yang terkesan berat diimbangi dengan furniture berbahan kayu meranti dengan finishing duco yang terkesan bersih.
Selain efisiensi ruang, fengshui menjadi alasan utama perletakan area masak di meja island. Jika area masak diletakan sejajar dengan area cuci, arah buangan tangan ketika masak akan menuju ke luar rumah. Sebaliknya ketika area masak diletakan di meja island, buangan tangan akan mengarah ke meja makan, yang posisinya masih ada di dalam rumah. 

Dapur ini memenuhi alur segitiga dapur. Alur ini terbentuk dari tiga unsure yaitu area cuci bahan, dan menimpan, menimbang dan mengolah sajian, serta area penyajian dan pencucian peralatan yang dipakai. Jarak ketiga area ini tidak jauh, hanya dua langkah dari masing-masing titik. Misalkan kulkas sebagai area penyimpanan ke area masak membutuhkan 2 sampai 3 langkah orang dewasa. Begitu juga dengan jarak area masak ke area cuci yang tidak membuat orang masak menjadi cepat lelah.

0 comments:

Post a Comment